Cara Tepat Mengobati Kanker Paru-Paru

Sumber gambar : mediaindonesia.com

Penyakit kanker paru-paru menjadi momok menakutkan bagi kita semua bagaimana tidak? Kanker paru-paru menjadi salah satu pemicu kematian paling utama di dunia menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang dilansir dari HelloSehat.com.

Meskipun begitu, penyakit kanker paru-paru dapat ditangani dengan melakukan operasi, kemoterapi, terapiradiasi, terapi bertarget, krioterpai, terapi ablasi, terapi fotodinamic, serta hidup sehat. Biasanya pada kanker paru-paru sel kecil hanya dengan terapi radiasi serta kemoterapi. Mengobati kanker paru-paru harus berdampingan dengan saran dokter Anda, setelah melakukan tes kesehatan serta Anda terdiagnosa mengalami penyakit kanker paru-paru.

Berikut cara tepat mengobati kanker paru-paru yang kami paparkan untuk Anda, agar Anda mengetahui proses serta tahapan penyembuhan dalam penyakit kanker paru-paru:

  • Operasi

Cara mengobati kanker paru-paru salah satunya adalah operasi, langkah dilakukan operasi biasanya pada penderita kanker paru-paru stadium I dan II. Pada tahapan ini Dokter bedah toraks akan mengangkat jaringan sekitar sel kanker dan jaringan sehat bermaksud untuk mencegah bertumbuhan sel kanker. Jika ukuran sel kanker telah membesar maka dokter bedah toraks akan mengangkat seluruh paru-paru. Pasien masih bisa bernapas hanya menggunakan satu paru-paru saja.

  • Kemoterapi

Proses pada kemoterapi tidak dapat bisa sekali, tetapi bertahap. Kemoterapi biasanya menggunakan pil atau obat khusus yang diberikan langsung atau melalui saluran selang infus Anda atau semuanya. Kemoterapi bertujuan mengecilkan atau menghancurkan perkembangan sel kanker. Kemoterapi dapat digunakan sebelum atau sesudah melakukan operasi untuk hasil terbaik untuk Anda.

  • Terapiradiasi

Terapi ini memanfatkan proton atau sinar X untuk menghambat perkembangan sel kanker, serta merigankan gejala kanker paru-paru. Pada umumnya terapi ini dilakukan paska operasi untuk menghentikan sel kanker tumbuh. Selain itu, terapi radiasi dilakukan saat tidak bisa melakukan operasi pada kanker paru-paru stadium akhir.

  • Terapi Target

Obat yang biasa digunakan pada terapi bertarget adalah erlotinib dan gefitinib yang diberikan langsung berupa tablet atau melalui saluran infus Anda. Penanganan ini dilakukan pada stadium akhir yang tidak dapat lagi melakukan operasi serta terapiradiasi.

  • Krioterapi

Pada cara ini umumnya dipakai jika Anda sudah mengalami penyumpatan saluran pernapasan. Proses ini menggunakan udara suhu dingin untuk mengecilkan serta menghancurkan sel kanker.

  • Terapi Ablasi

Penanganan ini memanfaatkan gelombang radio yang tinggi memperoleh panas, untuk menghentikan sel kanker. Tahapan ini dilakukan pada penderita stadium awal.

  • Terapi Fotodinamic

Tahapan ini diperuntukan untuk Anda yang menolak dilakukan operasi pada kanker paru-paru stadium awal, dengan memanfaatkan sinar laser berguna menghancurkan sel kanker. Selain itu, Anda dapat menerapkan hidup sehat. Beberapa hal untuk Anda bisa melakukan hidup sehat untuk menunjang proses mengobati penyakit paru-paru. Berikut ini uraiannya :

1. Berhenti merokok

Kita tahu pasti bahwa rokok menjadi pemicu awal terjadinya kanker paru-paru, maka sebab itu hentikan kebiasaan merokok dapat membantu Anda terhindar dari penyakit paru-paru.

2. Olah Raga

Selain menghentikan kebiasan buruk, Anda bisa melakukan kegiatan olah raga teratur untuk melatih teknik pernapasan, tetapi jangan berlebihan. Melatih teknik bernapas sangat penting untuk Anda yang menderita kanker paru-paru.

Dari paparan yang sudah dibahas sebaiknya kita menjaga kesehatan angota tubuh kita, dengan melakukan gaya hidup sehat serta olah raga teratur. Tidak merokok, mengatur pola makan serta tidur teratur dapat menjaga tubuh kita bebas dari penyakit. Salam sehat.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>